trik cara lolos cpns

Posted: 14 Desember 2014 in Uncategorized

Selamat datang dan terimakasih sudah mampir ke blogku…

Tulisan ini aku buat dalam keadaan galau sob,,, tau gak kenapa? aku baru saja dari warnet melihat info hasil ujian TKD CPNS, dan bisa di tebak apa yang bikin aku galau? Aku gak lolos sob… huhuhu pingin nangis rasanya setelah sebulan ku tunggu gak ada kabar beritanya dan ketika ada kabar ternyata hasilnya mengecewakan “ sakitnya tuh disini ”…

Jadi gini sob critanya,,, pada bulan agustus 2014 lalu pemerintah membuka pendaftaran CPNS baru di tingkat pemkab sampai pusat,, aturannya CPNS tahun 2014 itu peserta gak boleh memilih lebih dari satu instansi, kalau tahun-tahun sebelum 2014 boleh memilih banyak instansi. Nah aku tertarik daftar CPNS di pusat yaitu di BKKBN pusat, cara daftarnya lewat panselnas, aku daftar pada awal bulan September, terus Alhamdulillah lolos seleksi administrasi dan ikut ujian TKD di bulan November tanggal 21 hari kamis 2014, dan Alhamdulillah lolos passing grade, nilaiku 321 meliputi (TWK : 90, TIU : 80, dan TKP : 151) yess waktu itu aku seneng banget sudah lolos dan berharap bias ikut ujian TKB, karena ujiannya ada dua tahap yaitu TKD dan TKB. Nah saya nunggu nunggu sambil dag dig dug hasilnya, dan pada 14 Desember saya lihat pengumuman tapi ternyata aku gagal sob karena nilaiku kalah dengan yang lain, yang lainnya ada yang 360, ada yang 340. Di seleksi CPNS 2014 setiap peserta diperbolehkan memilih 3 formasi tapi syaratnya harus sesuai pendidikannya, waktu itu aku memilih pilihan pertama di Cirebon, kedua di Bogor, ketiga di Kalimantan selatan, hati-hati sob dalam memilih formasi karena kita bersaing dengan ratusan bahkan ribuan orang, sobat harus memperhatikan kualitas diri dan kualitas musuh-musuh sobat dan tempat tugasnya, karena seandainya pilihan pertamaku di Kalimantan selatan mungkin aku sudah jadi PNS karena di Kalimantan nilainya jauh dibawahku ada yang 290, ada yang 300 ada yang 301. Selain mempertimbangkan lokasi juga harus serius belajar karena soalnya bener-bener susah.. mungkin itu dulu sob tulisanku untuk strategi lolos CPNS. Mudah-mudahan sobat bias lolos tes CPNS ya,,, sebagai penutup aku ringkas aja tips dariku supaya lolos CPNS, yaitu :

  1. Berdo’a

Berdoa itu penting sob, karena rejeki itu yang ngatur yang menciptakan kita, dan wajiblah kita berharap dan meminta kepada yang member rejeki.

  1. Minta di do’akan

Mungkin doa kita gak di dengar oleh tuhan, tapi siapa tau doa orang lain yang didengar, maka tidaka ada salahnya kita minta di doakan orang lain terutama ibu bapak kita, saudara kita, teman kita, anak-anak yatim, para ulama.

  1. Belajar

Sehebat apapun doa tapi kalau tidak ada ikhtiyar belajar gak bakalan berhasil kecuali bener-bener sudah di gariskan tuhan jadi PNS maka menjawab ngawurpun akan benar, tetapi itu jarang sekali wong yang sudah belajar seriuspun banyak yang gagal

  1. Latihan soal sesering mungkin

Soal-soal CPNS dari tahun ketahun soalnya tidak jauh berbeda, tetapi kalau jarang latihan soal sayan pastikan tidak akan lolos meskipun orang itu pandai,, dengan pengalaman latihan mengerjakan soal paling tidak kita bisa menjajaki tingkat kerumitan soal yang akan kita hadapi, soal TWK isinya tentang UUD, Pancasila, Bahasa Indonesia/Inggris, Tata Negara, Sejarah. Soal TIU isinya aritmatika, logika, soal TKP isinya soal tes kepribadian.

  1. Lihat kemampuan diri

Kemampuan diri itu sangat penting di ukur sob,, saya terus terang berat kalo mengerjakan TIU karena matematika saya rendah dan gak jagolah pokoknya, maka dari itu aku belajar sungguh-sungguh soal aritmatika dan deret anggka,

  1. Lihat pesaingnya dan daerah penempatan

Untuk melihat pesaing-pesaing peserta tes sebaiknya lihat hasil tes CPNS tahun lalu, sobat bisa lihat di sini

Demikian tips dan trikku supaya lolos tes CPNS, kalo tulisannya gak mutu ya wajarlah karena penulis abal-abal,, mohon kritik dan sarannya supaya tulisanku lebih baik lagi,,

Akhir kata Rejeki Pati Jodo semuanya sudah di tentukan dan rejeki bukan lewat PNS saja, saya sekarang lagi berfikir mau jadi wirausaha…

Tinggalkan Balasan

